Jumat, 08 Juni 2012

SIFAT-SIFAT ALLAH



Di dalam Ilmu Tauhid, dijelaskan dua puluh sifat Allah, yang disebut dengan SifatDua
Puluh, yaitu:
Wujud, Ada. Mustahil 'adam (tidak ada). Hal ini ditegaskan oleh AI-Qur'an As-Sajadah:4) "Allah lah Yang menciptakan langit dan bumi dan apayang ada di antara keduanya"
Qidam, Terdahulu tidak ada permulaan-Nya, mustahil huduts (baru, ada yang mendahului). AI-Qur'an menegaskan hal itu: Dia lah Yang Awal dan yang Akhir (QS.AI-Hadid :3)
Baqa, Kekal, Abadi tidak berkesudahan, mustahil Allah itu fana (rusak, berakhir). Ditegaskan dalam AI-Qur'an: "Dan baqa' (tetap kekal) Zat Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan". (QS. Ar-Rahman: 27)
Mukhalafatu lil hawaditsi, Berbeda dengan segala ciptaan-Nya (yang baru), mustahil Allah mumatsalatu lil hawaditsi (ada yang menyamai).
Firman Allah: " Tiada satupun yang menyamai dengan Dia (Allah)". (QS: Asy-Sura:11)
Qiyamuhu binafsihi, Berdiri sendiri. Mustahil Allah ihtiyajun lighairihi (membutuhkan yang lain).
Ditegaskan dalam ayat-Nya:
... maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak membutuhkan sesuatu dari alam semesta). " (QS. Ali Imran97)
Wahdaniyat, Maha Esa, mustahil Allah itu ta 'addud (berbilang). "Katakanlah; Dialah Allah Zat yang MahaEsa". (AI-Ikhlash :1)
Qadrat, Berkuasa, Maha Kuasa, mustahil 'ajzun (lemah). Ditegaskan dalam AI-Qur'an, "Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu." (Q.S. AI-Baqarah: 20)
lradat, Berkehendak, mustahil karahah (terpaksa). Ditegaskan dalam AI-Qur'an, "Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apayang Dia kehendaki." (Q.S. Huud: 107)
Ilmu, Maha Mengetahui, mustahil jahlun (bodoh). Ditegasakan dalam AI-Qur'an, "Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (Q.S. An-Nisa': 176)
Hayat, Hidup, mustahil mautun (mati). Ditegaskan dalam AI-Qur'an;
"Dan bertawakkallah kepada Allah Yang Hidup (Kekal Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya." (Q.S. Al-Furqan: 58)
Sama'. Maha Mendengar, mustahil shamamun (tuli). Ditegaskan dalam Al-Qur' an, "Dan Allah Maha Mendengar serta Maha Mengetahui." (Q.S. Al-Baqarah: 256)
Bashar, Maha Melihat, mustahil 'ama (buta). Ditegaskan dalam Al-Qur'an, "Dan Allah Maha Melihat apayang kamu kerjakan." (Q.S. Al-Hujurat: 19)
Kalam, Maha Berkata-kata, mustahil bakamun (bisu). Ditegaskan dalam AI-Qur'an, "Dan Allah telah berbicara kepada (Nabij Musa dengan langsung. "(Q.S. An-Nisa': 164)
Qadiran, Dalam Keadaan Berkuasa, mustahil kaunuhu 'ajizan (lemah). Ditegaskan dalam Al-Qur'an,
"SesungguhnyaAllah berkuasa atas segala sesuatu. "(Q.S. Al-Baqarah: 20)
Muridan, dalam Keadaan Berkemauan, mustahil kaunuhu karihan (terpaksa). Ditegaskan dalam AlQur'an,
"Sesungguhnya Tuhanmu Maha melaksanakan apa yang Dia kehendaki. " (Q.S.Huud:l07)
'Aliman, Dalam Keadaan Berpengetahuan, mustahil kaunuhu jahilan (Bodoh). Ditegaskan dalam AlQur'an,
"Dan AllahMaha Mengetahui segala sesuatu. "(Q.S. An-Nisa: 176)
Hayyan, Dalam Keadaan Hidup, mustahil mayyitan (mati). Ditegaskan dalam Al-Qur'an, "Dan bertawakkallah kepada Allahyang hidup kekal dan yang tidak mati. " (Q.S. Al-Furqaan: 58)
Sami'an, Dalam Keadaan Mendengar, mustahil kaunuhu ashamma (tuli). "Allah Maha Mendengar danMahaMengetahui. " (Q.S. Al-Baqarah: 256)
Bashiran, Dalam Keadaan Melihat, mustahil kaunuhu 'ama (buta). Ditegaskan dalam Al-Qur'an, "Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. "(Q.S. Al-Hujurat: 18)
Mutakalliman. Dalam Keadaan berkata-kata, mustahil kaunuhu abkama (bisu). Ditegaskan dalam AlQur'an,
"DanAllah telah berbicara kepada Musa dengan langsung." (Q.S. An-Nisa': 164)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar